Catatan Gue

Jumat, 12 Desember 2014

8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat buah pisang ternyata tak hanya dimakan sebagai buah saja melainkan juga dapat kita gunakan untuk menunjang berbagai macam masalah kesehatan. Adapun buah pisang yang tumbuh subur di daerah tropis seperti di indonesia ini memiliki beragam jenis seperti pisang Seribu, pisang Lilin, Mas Susu, Bananito, dan pisang Ambon.

Adapun kandungan nutrisi utama yang ada dalam buah pisang adalah Kalium, Kalsium, Karbohidrat. Vitamin C, dan Vitamin B6. Sebagai contoh didalam buah pisang per 100 gram terdapat 8,7 miligram vitamin C. Fungsi vitamin ini dalam tubuh adalah sebagi pencegah terjadinya stres oksidatif, dan kandungan antioksidan nya berguna untuk menepis radikal bebas yang rawan atau mungkin terjadi. Adapun kandungan karbohidrat dalam buah pisang dapat menyumbang energi tambahan sehabis Anda gunakan untuk bergerak aktif seharian. Kandungan karbohidrat yang memberikan manfaat ini berjumlah 22,84 gram pada 100 gram buah pisang.


Pembaca sekalian, simak 8 manfaat penting buah pisang untuk kesehatan berikut ini:

1. Memperlancar Sistem Pencernaan
Karena tinggi serat dan cukup karbohidrat menjadikan buah pisang sebagai obat sembelit (konstipasi). Selain membantu melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam usus, kandungan nutrisi berupa serat ini juga membantu mencegah obesitar, kanker usus besar, diabetes melitus, jantung koroner akibat kelebihan kolesterol.

2. Membantu Pembentukan Sel
Lemak di dalam buah pisang membantu tubuh untuk membentuk struktur jaringan dan sel seperti membran sel.

3. Melancarkan Buang Air Besar
Kombinasi antara lemak dan karbohidrat selain mengatasi sembelit juga memudahkan proses BAB. Di sini lemak akan bertugas dalam usus untuk melancarkan proses pencernaan sehingga zat yang tersisa dapat dikeluarkan dalam bentuk tinja.

4. Mengatur Suhu Tubuh
Jika Anda sedang terjebak dalam cuaca yang dingin, cobalah untuk konsumsi buah pisang agar suhu tubuh terasa lebih hangat.

6. Menjaga Organ Tubuh
Dalam tubuh terdapat banyak organ vital yang harus dijaga baik-baik kesehatannya, jika rusak maka berbagai gangguan kesehatan akan menghantui Anda. Untuk memudahkan proses penjagaan, Anda bisa mengawali dengan rutin makan buah-buahan seperti pisang yang kadar lemaknya tidak terlalu berlebih sehingga baik bagi kesehatan seluruh organ tubuh.

6. Mengontrol Berat Badan
Pisang menjadi buah yang cocok dikonsumsi saat berdiet ataupun proses penambahan berat badan. Dalam satu buah pisang berukuran sedang hanya tersimpan 110 kalori yang mudah terbakar jika Anda maksimalkan dengan olahraga rutin.

7. Memasok Energi Untuk Tubuh
Setelah sarapan, cobalah konsumsi 2 buah pisang matang berukuran sedang. Hal ini dimasudkan agar energi yang diproduksi oleh tubuh mendapatkan bantuan tambahan dari buah pisang.

8. Mengencangkan Kulit
Kulit membutuhkan cukup nutrisi seperti Vitamin C agar tetap terjaga kesehatannya. Buah pisang menjadi salah satu buah dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Hal tersebut membuat banyak ahli memberikan resep perawatan dengan pisang, contohnya dijadikan masker untuk memutihkan kulit wajah serta mengencangkannya.

Adapun manfaat buah pisang yang lainnya dapat Anda rasakan sendiri saat mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi dan makan buah-buahan tiap harinya. Dengan begitu reaksi positif yang diberikan dapat Anda dapatkan seiring berjalannya waktu.

artikel terkait :
7 manfaat dan khasiat buah durian bagi kesehatan
5 manfaat buah mangga untuk kesehatan dan kecantikan
7 manfaat dan khasiat buah pepaya untuk kesehatan

8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown